Sejarah SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

SMK MUHIS merupakan salah satu amal usaha di bawah Majelis  Dikdasmen Muhammadiyah kabupaten Sukoharjo. Berdiri sejak tahun 1993 dengan ijin operasional dari dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Jawa Tengah NO. 946/103-1/1993 tanggal 7 November 1993. Sekolah terletak di kawasan tengah kota Sukoharjo yang strategis tepatnya di selatan alun-alun kota Sukoharjo, sehingga mudah dijangkau transpotasi dari segala penjuru.
Sebagai bentuk pengakuan pemerintah terhadap kualitas SMK MUHIS maka pada tahun 2007 memperoleh SK RSBI dari Direktorat PSMK Kemendikbud Jakarta. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meraih nilai akreditasi  A Plus pada tahun 2010. Hal ini merupakan prestasi luar biasa bagi seluruh civitas akademika SMK MUHIS. Seiring dengan keperacayaan pemerintah terhadap SMK MUHIS dan indikasi animo masyarakat Sukoharjo serta munculnya kepercayaan untuk menyekolahkan di sekolah swasta yang memiliki eksistensi dan kredibilitas, SMK MUHIS kembali di tunjuk  PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing untuk membuka kelas industri Yamaha pada tahun 2010, tepatnya acara grand opening kelas Yamaha 26 juni 2010.
Kepercayaan masyarakat luas tidak lepas dari perjalanan  SMK MUHIS sebagai sekolah kejuruan  swasta terbesar di Sukoharjo yang hampir  setiap tahun selalu memunculkan dan memimpin dalam hal inovasi untuk mengembangkan sekolah kejuruan. Sejak pencanangan sekolah sebagai sekolah unggul dengan penerapan manejemen mutu ISO 9001 : 2008 dan program kelas Industri Yamaha. Seluruh civitas akademika selalu berbenah diri dan selalu dituntut untuk berinovasi dan harus menjadi yang terdepan.
Dalam menjawab tantangan global, pada tahun 2011 sekolah menjalin kerjasama dengan NIIT India sebuah lembaga IT terbesar di Asia. Dan dibuktikan pada tahun 2012 sekolah membuka program khusus diploma satu yaitu kelas web design (rekayasa perangkat lunak ) dan English ( teknik ototronik ). Selain itu dalam rangka menjawab perkembangan teknologi di perusahaan diera digital/robot sekolah bekerjasama dengan PT Robota Indonesia membuka kelas Robotik.
Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan perusahaan di Indonesia dan adanya permintaan perekrutan tenaga kerja dari PT Diametral Involute Jakarta maka pada tahun 2013 sekolah membuka kelas permesinan. Selain itu dengan masih tingginya angka pengganguran usia produktif di Indonesia, maka sekolah juga akan membuka kelas entrepreneurship. Dengan dibukanya kelas entrepreneurship akan tercipta teknopreneur yang mampu menciptakan kerja dan menciptakan lapangan kerja.
Sebagai wujud komitmen pelayanan prima, hasil dari penelusuran alumni SMK MUHIS rata-rata 48 % terserap kerja sebelum LULUS, 80 % terserap kerja pada tahun pertama, 15 % melanjutkan ke perguruan tinggi dan 5 % berwirausaha. Di bidang ekskul siswa-siswi menorehkan prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Seperti pada ajang PON untuk bidang futsal dan tapak suci.
Dengan jumlah siswa kurang lebih 1.600 orang pada tahun ini, tantangan untuk itu sangat berat kalau tidak ada kerjasama yang baik pada seluruh civitas  akademika SMK MUHIS dan peran  serta masyarakat Sukoharjo dan sekitarnya. Apa lagi tiga tahun kedepan mereka akan menjadi generasi bangsa yang diluluskan oleh SMK MUHIS sebagai sekolah berorientasi kerja dan entreprenaurship. Maka dari itu program-program khusus dan inovasi  sudah dirancang  untuk  lima tahun kedepan. Program ini berorientasikan pada citra  pendidikan modern yang bercirikan abad -21. Selanjutnya  SMK MUHIS juga akan berupaya menawarkan diri kepada industri dan lembaga sponsor untuk ikut andil dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional dengan bersama-sama mendirikan kelas-kelas industri dan beasiswa prestasi.

Sumber: smkmuh1-skh.sch.id



1 komentar:

  1. terima kasih infonya,.. sangat bermanfaat sekali...



    http://www.pijarkita.com

    BalasHapus

Sejarah SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo